17 August 2018 05:00 AM 580
5 Lagu The Libertines yang Wajib Lo Hapalin Sebelum ke HODGEPODGE SUPERFEST 2018

Buat penikmat rock dekade 2000-an tentu akrab dong dengan The Libertines? Di awal kemunculannya di lanskap musik, The Libertines sukses mencuri atensi para penggemar musik. Bahkan beberapa media musik kerap menyandingkan mereka dengan indie darling asal AS, The Strokes.

Meski sempat memutuskan bubar pada 2004, era di mana mereka lagi di puncak kejayaan, The Libertines akhirnya memutuskan aktif kembali di tahun 2014. Walau baru menetaskan tiga album, diakui karya-karya Pete Doherty dkk menjadi katalisator di kancah indie rock yang meledak pada medio 2000-an.

Berikut 5 lagu esensial dari The Libertines. Di antara daftar pilihan di bawah, ada lagu jagoan lo?

1. “Can’t Stand Me Now”

Bagi fans The Libertines sejati, tentu hafal dong dengan anthem indie rock yang satu ini? “Can’t Stand Me Now” merupakan salah satu single di album kedua The Libertines yang rilis pada 2004. Lewat track catchy ini, nama The Libertines kian melambung di belantara musik. Lagu ini ditulis oleh duo Pete Doherty dan Carl Barat dan bercerita tentang hubungan persahabatan mereka yang sempat memanas kala itu. Bahkan NME menempatan lagu keramat ini di poisis ke-13 sebagai ‘50 Greatest Indie Anthems Ever’.

2. “Time for Heroes”

Lagu berirama riang ini sudah lama jadi tembang andalan para indie rocker di zamannya. Nggak percaya? Coba deh putar “Time for Heroes”. Track singkat padat berdurasi 2 menit 40 detik ini terinspirasi dari pengalaman yang dialami oleh Pete Doherty, ketika kericuhan May Day di London pada tahun 2000. Lagu yang juga diproduseri Mick Jones (The Clash) ini nangkring di urutan ke-6 sebagai ‘50 Greatest Indie Anthems Ever’ versi NME. “Time for Heroes” juga jadi soundtrack untuk American Pie 3: The Wedding.

3. “Don’t Look Back Into the Sun”

Sama seperti halnya dengan dua track andalan di atas, “Don’t Look Back Into the Sun” adalah salah satu lagu sakral milik The Libertines. Bedanya, track ini hanya dimuat ke dalam format single dan nggak muncul di album studio mereka. Lagu berdurasi 2 menit 58 detik ini rilis di bawah naungan label Rough Trade. Saking terkenalnya lagu ini, “Don’t Look Back Into the Sun” sempat muncul jadi soundtrack di beberapa film seperti The Inbetweeners, Kill Your Darlings, hingga Steve Jobs.

4. “What Katie Did”

Karya-karya ciptaan The Libertines emang nggak jauh-jauh dari kisah pengalaman pribadi mereka. Sama seperti “What Katie Did”. Lagu ini bercerita tentang Pete Doherty yang galau akut setelah putus dengan sang pacar, Katie Lewis, dan memilih untuk mengonsumsi narkoba sebagai bentuk pelarian atas kesedihan yang dialaminya. “What Katie Did” merupakan salah satu single dari album kedua mereka, The Libertines (2004). Intro beserta harmonisasi vokal terbilang ringan tetapi terdengar keren secara bersamaan. Top Notch!

5. “I Get Along”

Barangkali di antara jajaran lagu-lagu keren milik The Libertines, bisa dibilang “I Get Along” dianggap sebagai lagu paling underrated yang mereka miliki. Di dalam track 2 menit 53 detik ini, Carl Barat mengambil alih posisi vokal dan menggeber kencang kocokan gitar khas garage rock yang kentara. “I Get Along” adalah salah satu single dalam album debut, Up the Bracket (2002).


Anyway, Setuju nggak lo? Coba kasih tahu lagu The Libertines jagoan lo di kolom komentar di bawah ya!

TAGS